USGS Data Earthquakes - UPTODATE

Sabtu, Januari 25, 2014

Enam Hal Yang Menjadi Perhatian Investor

sumber : Dailysocial.net



Perkenalkan, nama saya Suzuki, General Manager dari CyberAgent Ventures(CAV). Saya akan secara berkala melalui DailySocial, memberikan insight-insight tentang “Trend Bisnis Internet”, “Tentang Investor dan Entrepreneur”, “Service dari Negara Asia Lainnya”, dan lain-lain. Saya sendiri selama bekerja di CyberAgent Jepang telah membangun dua buah startup sehingga saya dapat memakai kacamata sebagai entrepreneur untuk membantu entrepreneur lain memikirkan bisnisnya. Untuk tema pertama, saya akan membahas tentang “Perusahaan seperti apa yang diminati oleh investor untuk dimodali”.
Saya akan fokus membicarakan series A, yang definisinya adalah, bisnis tersebut tidak hanya sebatas ide saja, namun sudah masuk ke pasar. Untuk stage ini, yang sangat perlu diperhatikan adalah angka KPI setelah rilis dan juga strategi untuk meningkatkan angka KPI tersebut.
Sebetulnya, tidak ada standar yang menentukan apakah sebuah perusahaan itu pasti diminati untuk di-invest oleh investor namun ada beberapa hal yang menurut saya sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan supaya diminati untuk dimodali oleh investor.
1. Layanan/Perusahaan yang bisa menang di pasar lokal
Untuk masuk ke pasar lokal, jika tidak menanamkan akar maka kita tidak akan mengerti. Untuk mendapatkan perusahaan lokal yang bagus, yang bisa menang di pasar lokal, dan yang bisa diterima di pasar lokal dan user lokal, kita harus menanamkan akar, mengerti perasaan dan sudut pandang sebagai orang lokal.
Kami terkadang bertemu dengan perusahaan yang hanya menargetkan pasarnya di pasar luar negeri, namun kemungkinan kecil bagi kami untuk melakukan investasi di perusahaan seperti itu. Alasannya adalah karena kami merasa perusahaan Indonesia-lah yang punya potensi untuk memenangkan pasar Indonesia.
Satu syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang mau melakukan ekspansi di sebuah pasar adalah, perusahaan tersebut harus mengerti pasar tersebut. Jadi, kami menganggap perusahaan yang tidak menargetkan pasar di negaranya sendiri adalah perusahaan yang mengambil resiko yang sangat besar.
Namun, tentu saja ada beberapa pengecualian seperti adanya kehadiran orang luar negeri di tim manajemen, atau contoh lain adalah ketika tidak disadari/disengaja banyaknya proporsi pengguna dari luar negeri dibanding dalam negeri, sehingga perusahaan tersebut memilih untuk menargetkan pasar luar negeri. Di syarat nomor 1 ini, kami hanya ingin mengatakan bahwa sebuah perusahaan lebih baik menargetkan dan fokus mengembangkan layanannya di sebuah pasar dengan tim manajemen yang mengerti betul pasar tersebut (pasar lokal).
2. Bisnisnya harus memiliki potensi untuk berkembang dan menguasai pasar yang besar
Potensi untuk berkembang dan menguasai pasar yang besar adalah satu faktor yang sangat penting. Seberapa hebatnya strategi dan eksekusi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan, apabila pasar yang disasar itu tidak berkembang, maka perusahaan tersebut tidak akan bisa berkembang dengan cepat. Sebaliknya, apabila pasar yang disasar adalah pasar yang sedang berkembang, perusahaan bisa berkembang dengan sangat cepat sekali.
Sebagai contoh, untuk pasar aplikasi mobile, awal dari startup biasanya hanya memiliki pekerja kurang dari sepuluh, namun setahun kemudian, ada beberapa pemenang dari mereka yang berkembang dengan sangat cepat dan sudah memiliki pekerja lebih dari 100 orang. Sebagai sebuah startup, mengikuti ombak dan berkembang cepat adalah sebuah hal yang sangat penting. Di sinilah seni dari sebuah startup.
Sebuah startup harus bisa melihat potensi pasar yang akan berkembang cepat, bersiap-siap, kemudian dengan kecepatan penuh mengalahkan perusahaan-perusahaan lainnya. Terutama sebelum pasar tersebut terlihat jelas oleh kompetitor-kompetitor perusahaan besar, startup harus memulai dahulu untuk mendapatkan “first mover advantage”. Sebagai contoh, aplikasi sosial di Jepang di mana ketika pasar berkembang, semua perusahaan yang “memenangkan” pertarungan adalah perusahaan startup.
Perusahaan-perusahaan besar terlambat masuk ke pasar sehingga ketika mereka masuk, sudah banyak sekali aplikasi sosial yang terkenal. Di dalamnya, kebanyakan dari mereka adalah platform SNS yang sudah siap dengan pasar yang pasti akan berkembang ini dan melakukan persiapan matang jauh sebelum pasar berkembang. Oleh karena itu, perkembangan dari sebuah pasar dan besarnya potensi sebuah pasar adalah satu faktor yang sangat penting yang menentukan hidup dan mati dari sebuah startup.
Tidak hanya sekarang, tapi perkiraan besarnya sebuah pasar di masa depan dan kecepatan untuk mencapai besarnya pasar itu sangatlah penting. Perkembangan sebuah pasar itu sangat-sangatlah cepat dan besar sehingga terkadang diluar perkiraan.
3. Perusahaan harus memiliki sesuatu yang orisinil
Sekedar informasi, kemungkinan kami untuk berinvestasi terhadap sebuah perusahaan, dibandingkan dengan jumlah meeting yang dilakukan itu mencapai 1 berbanding jutaan. Salah satu yang sangat kami perhatikan adalah bahwa perusahaan tersebut memiliki sesuatu yang orisinil, sehingga di dalam menjalankan bisnis-nya tersebut, mereka memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
Tolong diperhatikan, orisinil disini adalah user yang secara wajar membuat ke-orisinil-an sebuah produk, bukan sesuatu yang dikarang-karang sendiri oleh pembuat produk. Selain kekuatan dan orisinalitas, satu hal yang berhubungan dan yang sangat penting adalah berkelanjutan/berkesinambungan.
Kekuatan yang sekarang akan dipakai untuk sekarang, namun kelanjutannya di masa depan, harus dipikirkan pula apa kekuatan yang harus dipakai untuk masa depan. Perusahaan yang memiliki kekuatan dan terus berkelanjutan menghasilkan kekuatan baru sehingga menjadikan seperti “loop”, akan sulit sekali untuk kalah dalam pertarungan. Tentu saja tidak semua startup pasti memiliki kekuatan dari awal.
Hal yang perlu diperhatikan adalah, startup harus mengambil “First Mover Advantage” dan dengan kecepatan penuh fokus di service tersebut. Banyak yang mengaitkan “First Mover” dengan “Market Share” ataupun “High Revenue”, namun hal itu salah karena “Market Share” dan “High Revenue” hanyalah sebuah output.
Di dalam sebuah perusahaan, yang paling penting adalah operasional yang dilakukan tiap hari. Dari sana tercipta kegagalan dan kesuksesan kecil yang kemudian akan menjadi pelajaran untuk perusahaan tersebut. Startup yang dengan cepat mempelajari hal-hal tersebut, mereka akan bisa menemukan ke-orisinil-an mereka sendiri.
Kekuatan maupun orisinil bukan hanya bisa diterapkan di produk, tetapi di operasional yang dilakukan tiap hari, struktur perusahaan, dan lain-lain. Dengan mempelajari hal-hal kecil dari kegiatan operasional tiap hari, maka akan terbentuk kultur perusahaan yang bisa dijadikan kekuatan untuk perusahaan tersebut.
4. Strategi dan Skenario Sukses yang Logis
Kami sangat menekankan Strategi dan Skenario Sukses yang logis. Logika adalah salah satu dari sekian banyak elemen penting untuk menjalankan sebuah startup. Selain itu, kami juga sangat menekankan berapa pentingnya elemen “Logika” itu karena didasarkan oleh dua hal. Pertama, sewaktu memikirkan strategi janganlah terlalu memikirkan kalau diri sendiri itu paling benar.
Strategi dan hipotesis yang mempunyai akurasi tinggi dapat diperoleh dengan berdiskusi dan melibatkan beberapa pihak baik dari internal maupun external, beserta stakeholder bisnis yang tepat. Khususnya untuk tahap Series A, untuk mengimprovisasi hipotesis yang telah dipikirkan, entrepreneur perlu untuk menganalisa dari KPI dan data yang telah dihasilkan dari operasi bisnis yang telah dijalankan selama selang waktu tertentu.
Kedua adalah untuk mengidentifikasi “perbedaan” yang ada dalam hipotesis yang pernah dibuat pada waktu sebelumnya dengan kenyataan yang terjadi sekarang. Karena kemungkinan besar strategi dan skenario sukses yang telah dipikirkan itu tidak akan berjalan seperti yang diharapkan. Kami dari pihak Venture Capital sangat mengetahui jelas tentang ini. Akan tetapi, masalah yang paling besar adalah tidak mengetahui apa yang salah dari hipotesis yang telah dibuat itu.
Kadangkala, hipotesis itu dibentuk dari hal-hal yang kita anggap baik. Untuk menghindari kesalahan seperti ini, kami ingin menekankan dalam membuat strategi dan skenario sukses, logika dari hipotesis itu sangat penting dan logika tersebut harus ditaruh di material/presentasi tersebut. Tentu saja, bukan hanya strategi kualitatif tapi strategi kuantitatif (KPI, Sales, Cost, Profit) juga diperlukan.
Ada banyak orang yang berpendapat bahwa pembuatan dan projeksi kuantitatif ini tidak bermakna, akan tetapi kami sangat menekankan betapa pentingnya para entrepreneur untuk mengerti struktur angka KPI, Penjualan, Pengeluaran, dan Keuntungan beserta korelasi antara satu sama lain. Di lain sisi, kami tidak menginginkan kebanyakan waktu yang dihabiskan hanya untuk strategi dan planning ini dan menyebabkan keterlambatan pengembangan produk tersebut. Oleh karena itu, entrepreneur juga diperlukan untuk menyeimbangkan pembagian waktu untuk ini.
5. Struktur pengelolaan manajemen yang optimal mengenai bisnis dan strategi yang teratur
Sebenarnya “Struktur pengelolaan manajemen” sering dianggap rumit bagi kebanyakan orang, akan tetapi intinya adalah sesuatu yang sangat mudah. Seperti contoh, arti dari pengelolaan manajemen adalah menganalisa dan melihat laporan penjualan, biaya pengeluaran, keuntungan beserta KPI lainnya, dan apakah pihak manajemen mampu atau tidak untuk meningkatkan angka-angka tersebut (Plan-Do-Check-Action).
Di dalam bisnis internet, ketidakmampuan manajemen dalam aspek analisa angka (quantitative analysis) merupakan suatu “disadvantage”. Sangatlah penting untuk bisa memahami perbedaan hasil/angka yang terdapat pada Penjualan dan KPI lainnya dengan target yang ingin kita capai secara harian, lalu melakukan semua hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal tersebut dengan secepat-cepatnya.
Namun, perlu diingat bahwa tidak ada artinya kalau kita hanya melihat dari angka-angka saja. Dalam sebuah startup yang masih kecil, semua member diharapkan untuk bisa mengerti terhadap analisa numerik ini. Untuk itu, diperlukan mekanisme untuk menyebarkan/memberitahu angka beserta analisanya kepada setiap member perusahaan, dan juga pemahaman terhadap hal ini yang harus terus ditingkatkan dari setiap member tersebut.
Ini mungkin tidak terdengar seperti hal yang istimewa, namun kita harus membiasakan hal yang umum seperti ini menjadi hal yang standar yang harus dilakukan oleh semua member perusahaan. Kami juga sangat yakin bahwa hal yang umum seperti ini merupakan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan bisnis internet.
6. Founders dan Tim yang menarik
Founders dan tim dari sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting. Ada 2 point penting yang ingin kami share. Yang pertama adalah untuk membina hubungan yang melebihi sekedar hubungan antara “Entrepreneurs” dan “Shareholders”; akan tetapi, lebih ke arah sebagai mitra yang dapat dipercaya dalam mengembangkan bisnis tersebut secara bersama.
Tanggung jawab dari investor seperti kami bukan untuk investasi saja, tetapi juga membantu dalam “know-how” support setelah investasi. Namun, tentu saja dalam hubungan jangka panjang ini, sudah pasti akan terjadi konflik atau opini yang bertentangan dengan tim manajemen. Perlu kami tekankan bahwa perbedaan opini adalah sesuatu yang penting dan perlu dibiasakan agar kedua belah pihak merasa nyaman walaupun mempunyai pendapat yang bertentangan; karena ini juga sangat penting dalam membina hubungan mitra yang baik.
Satu lagi yang menurut kami penting adalah, apakah sang entrepreneur memiliki “Visi” dan “Kemauan” yang besar atau tidak. Tentu saja sebagai investor, kami akan melihat berapa return yang bisa kami dapatkan dalam investasi tersebut. Namun, ini bukanlah segalanya. Kami juga menekankan nilai “Moralitas” dan tidak hanya menilai suatu bisnis dari keuntungannya saja. Oleh karena itu, dari posisi kami sebagai pendukung “Entrepreneurs” dalam merealisasikan visi mereka, kami juga sangat menekankan apakah kami dapat memiliki dan menjalankan visi yang sama seperti tim manajemen tersebut.
Dari enam point yang panjang ini, sebenarnya hal-hal ini adalah esensi yang sangat mendasar.
Strategi dan konten bisnis bisa berubah seiring perubahan dari lingkungan eksternal, dan untuk itu, kriteria dalam penilaian kami terhadap bisnis juga bisa berubah. Akan tetapi, hal-hal yang mendasar / fundamental tidak akan berubah. Kami yakin VC yang lain juga akan setuju dengan pernyataan ini. Pada akhirnya, kami harap konten ini bisa memberikan dampak yang positif dan inspirasi terhadap pemahaman strategi bisnis dan manajemen.
About CAV
CyberAgent Ventures adalah anak perusahaan dari CyberAgent Group, yang bergerak dalam bisnis kapital ventura yang mempunyai fokus dalam IT. Dengan lebih dari 150 portfolio yang telah di-investasi di Asia, termasuk Jepang, China, Indonesia, Vietnam, Taiwan dan Korea, CyberAgent Ventures telah membangun foundasi global network yang kuat. Dengan ini, mitra kami dapat mengakses network ini untuk memaksimalkan channel mereka secara regional.
CyberAgent Ventures juga memberikan “know-how” dalam pengembangan bisnis, strategi dan manajemen untuk mendukung perkembangan startup yang didapati dari akumulasi pengalaman dalam mengembangkan bisnis CyberAgent di Jepang.
Hingga saat ini, kami sudah melakukan bisnis investasi di 6 negara (Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Korea, Indonesia). Letak kekuatan kami adalah “kuatnya network kami di Asia”, dan “case study yang telah kami dapatkan dari bisnis investasi kami dan berbagai bisnis internet yang pernah dibangun oleh grup perusahaan kami”. Tipe investasi kami tidak hanya memberikan uang, tetapi kami juga memberikan knowledge kami yang telah kami dapatkan, sehingga dapat membantu perusahaan portfolio kami untuk berkembang dengan cepat. Di situlah nilai lebih yang kami berikan dan juga kelebihan kami.

Tidak ada komentar: