Prediksi BANJIR NUH (bagian 1)


Boleh dibilang ini adalah salah satu kisah seorang manusia, kapal, dan banjir terbesar pertama muncul di timur tengah. Dimana area yang sama tempat lahirnya agama Yahudi, Kristiani, dan Islam. Seperti yang ada dalam Al-Quran maupun Bible, catatan peristiwa bencana yg terjadi di awal sejarah manusia. Sudah bukian rahasia lagi, kisah tentang murka Allah yang memutuskan membuat air bah besar yang akan meneggelamkan semuanya.

Tapi seserius apa kita bisa menerima kisah Nuh dan bahteranya?
Apakah benar-benar terjadi seperti kata kitab suci?
Banyak orang ragu bahwa memang ada air bah dan sebuah bahtera.
Hanya "Iman" kita masing-masing yang bisa menjawabnya.

Orang yang meragukannya, umumnya melihat dari tidak adanya bukti atau petunjuk geologi mengenai pernah terjadinya musibah air bah yang bersifat global di masa silam itu. Jika demikian, bisakah kisah Nuh, bahtera dan air bah diterima secara harafiah?

Mungkin pertama kita mulai dengan usia orang-orang yang terlibat dimasa itu.
Nabi Nuh misalnya, beliau berusia 500 tahun saat mendapat peringatan itu. Dan itu mendapat masalah bagi banyak pembaca modern. Usia orang-orang saat meninggal yang disebutkan dalam catatan Qur'an dan Bible adalah masalah yang tak biasa, karena bukan itu yang terjadi sekarang. Tapi bukannya tak bisa dipecahkan. Mungkin saat diciptakan manusia dimaksudkan utk hidup lama. Tapi perubahan lingkungan terjadi dan mendadak orang mulai hidup lebih singkat.
Tafsiran harafiah waktu dalam kitab suci memiliki sejumlah akibat menarik. Diantaranya yaitu memberi dasar untuk menghitung waktu penciptaan dan waktu untuk air bah Nuh. Pembuat perhitungan itu yaitu seorang Uskup Irlandia abad ke-17, James Ussher. Ia memperkirakan dunia diciptakan sekitar thn 4000 SM. Memakai tanggal penciptaan, Ussher lalu menghitung tahun air bah itu. Kejadiannya tahun 2348 SM.
Menurut perhitungan kasarnya, sekitar 100 thn sebelum itu, Nuh menerima perintah Tuhan tentang cara ia dan keluarganya selamat dari air bah tersebut. Allah menyuruh Nuh membangun kapal yang sangat besar, sebuah bahtera. Dan perintah-Nya cukup terperinci. "Bahtera itu 300 hasta panjangnya, 50 hasta lebarnya, 30 hasta tingginya." Hasta adalah sepanjang lengan manusia dari siku ke ujung jari, 45 cm. Jika dimensi bahtera itu benar, berarti ini adl kapal kayu terbesar dlm sejarah dunia, keajaiban asli buatan manusia. Sampai sekarang Beberapa orang yakin kapal itu masih ada disuatu tempat, menunggu untuk ditemukan.
Sekitar 100 tahun terakhir, pemburu bahtera pergi ke Timur Tengah dan mendaki beragam gunung, mencari puncak tempat bahtera itu terletak. Kitab suci tidak menunjukkan dimana bahtera itu terdampar, kita hanya berspekulasi bahwa bahtera itu mendarat di atas pegunungan Ararat. Ararat adalah suatu wilayah kerajaan kuno bernama Uratu. Gunung Ararat merupakan suatu puncak tertinggi yg terletak di Turki timur. Jadi bagaimana dengan badai dan air bah yang disebutkan dalam kitab suci? Adakah petunjuk yang bisa menegaskan catatan didalam dua kitab suci tersebut? Beberapa orang menganggap ada petunjuk mengenai air bah mendunia. Dari semua bencana alam yang menimpa orang jaman prasejarah, bencana air bah tampaknya paling meninggalkan kesan terbesar. Mungkin di semua budaya seluruh dunia memiliki mitos banjir besar. Mungkin ini satu-satunya mitos dunia sebenarnya yang kita miliki, dan mitos itu tersebar merata di Timur Tengah.

Ada satu cerita sangat serupa dengan catatan tentang Nuh. "Epik Gilgamesh" adalah cerita dari Mesopotamia, berasal dari sekitar tahun 2700 SM, millenium ketiga. Ditempat yang kini disebut sebagai Irak Modern, dulu dikisahkan ada sesorang, satu bahtera, beberapa burung, dan banyak binatang. Ada keluarga kandung dan seluruh umat manusia dibasmi, kecuali satu orang ini, kapalnya dan semua di dalamnya. Perbedaan utama antara kedua cerita ini adalah jika didalam kitab suci menekankan dimensi moral. Yaitu manusia dihukum atas dosa mereka.
Mungkinkah kedua Cerita ini muncul dari peristiwa yang sama? Ada cukup persamaan antara cerita di Alkitab tentang bahtera Nuh dan cerita mengenai Epik kepahlawanan Gilgamesh. Tak diragukan lagi keduanya berkaitan dan pusat kedua cerita itu ialah air bah.

Didalam kitab suci, Nuh, keluarganya dan para hewan mengunci diri di dalam bahtera dan menanti badai yang dijanjikan itu datang. Mereka tak menunggu lama, setelah tujuh hari, datanglah air bah menggenangi bumi. Hujan lebat meliputi bumi 40 hari dan 40 malam lamanya. Al-kitab menceritakan airnya naik setinggi 15 hasta, sekitar 6,6 meter. Air itu terus meninggi hingga menutupi seluruh daratan, bahkan gunung-gunung tertinggi. Selama 150 hari, bahtera itu mengarungi air.
Tapi, air apakah itu?
Dari mana datangnya?
Mengapa begitu cepat menenggelamkan seluruh bumi dalam kurun waktu yang relatif singkat? Dan ke mana perginya setelah air bah surut? Beberapa teori mengenai sumber air bah maha dasyat ini masih mengundang banyak polemik dalam dunia sainties modern.

Editor: Yudha Dewantoro (dp)

Komentar

Anonim mengatakan…
Prediksi banjir Jakarta dan perubahan iklim dapat dilihat pada :
http://sansteknologi.blogspot.com/

Postingan populer dari blog ini

amoeba Operating System

GPRS Gratis via port 554 squid

SWIFT Code for Indonesian Banks